UMN Wisuda 602 Sarjana dan Pascasarjana

SEJAK berdiri Universitas Muslim Nu­san­tara (UMN) Al Wash­liyah tahun 1996 telah melulusan 22.015 orang dari enam fakultas yakni FKIP, FMIPA Prodi Far­masi, FE, FP, FH dan Fakultas Sastra Prodi Sastra Inggris ditam­bah Program Pasca­sarjana yang kini memiliki 2 prodi yakni Prodi Pendidikan Ba­hasa Indonesia dan Pen­di­di­kan Matematika.

Hal itu disampaikan Rektor UMN Al Washliyah HM Hardi Mulyono Surbakti SE MAP saat mewisuda 602 sarjana dan pas­casarjana di Gedung Selecta Medan, Sabtu (31/4).

Turut hadir  Kapolri Jen­deral (Pol) Prof Drs H Tito Karnavian MA PhD, Kapol­dasu Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw, Ketua Umum B Al Washliyah Dr H Yusnar Yusuf MS, Kordinator Ko­pertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto MA M.Pd MSc PhD, civitas akademika UMN dan orang tua wi­su­da­wan.

Rektor selain men­yam­pai­kan selamat dan meng­ingatkan wisudawan sebagai ge­ne­rasi millenia abad 21 ini, akan meng­ha­dapi yang tidak ringan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Saudara perlu memiliki ambisi, multitasking, kewira­usa­haan tinggi dan gigih,” kata Rektor disaksikan wakil recktor Dr H Firmansyah M.Si, Sri Wardany SE MSi, Drs H Milhan MA dan Prof Hj Sri Sulistyawati SH MSi PhD.

Lebih lanjut dikatakan­nya, memasuki era digital, globalisasi dan revolusi industri 4,0 akan membawa dampak terciptanya jabatan dan keterampilan kerja baru.

Tidak itu saja, juga akan hilang beberapa jabatan karena sistem manual yang bergeser kepada sistem digital. Karena itu, diharap­kan wisudawan ha­rus lebih kre­atif dan terus menerus me­ni­ngkatkan kapasitas keil­mu­a­n­­nya baik secara mandiri maupun institusi.

UMN Al Washliyah, lanjut Rektor, kerap mendorong maha­siswa untuk memilik berbagai kemampuan antara lain Information Technology (IT), Operational Tecnol­ogy (OT), Internet of Things (IoT) dan Big Data Analitic, me­ngintegrasikan objek fisik, digital dan manusia untuk menghasil­kan lulusan pergu­ruan tinggi yang kom­petitif dan terampil.

“Persiapan SDM khu­susnya dosen dan peneliti me­rupakan hal penting dalam me­ning­katkan kualitas dan ku­antitas riset dalam upaya memperkuat tradisi aka­de­mik dan publikasi sebagai karya UMN di ber­bagai jurnal nasional dan internasional,” ujar Rektor..

Salah satu keberhasilan yang dicapai adalah dengan memperoleh akreditasi in­sti­tusi dan prodi oleh BAN PT, dengan ter­akreditasi B sesuai SK BAN PT Nomor 3134/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017 tanggal 5 September 2017.

Tentu saja peningkatan akreditasi secara kelem­ba­gaan ini sebagai jaminan mutu pendidikan, baik prodi maupun universitas akan terus dilakukan.

ReKtor juga berpesan agar lulusan UMN da­pat menjaga nama baik almamater di te­­ngah masyarakat dan tetap menjalin si­laturahmi dengan turut memberikan ma­sukan yang konstruktif, ide kreatif untuk per­baikan UMN ke de­pan. (rel/taufiq walhidayah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *