AKREDITASI B PRODI PENDIDIKAN FISIKA UMN AL WASHLIYAH HADIAH TERINDAH MILAD AL WASHLIYAH KE – 88

UMNAW (13/12) :Penantian panjang untuk menyatakan dan menunjukkan kualitas Program studi (Prodi) Pendidikan Fisika FKIP UMN Al Washliyah akhirnya berbuah manis dan memberikan kebahagiaan bagi segenap civitas akademik UMN Al Washliyah. Hal ini terjadi dikarenakan atas  keberhasilan prodi pendidikan fisika dalam mendapatkan predikat akreditasi B melalui penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kemenristek Dikti pada bulan November 2018 lalu.

Rektor UMN Al Washliyah Bapak H. Hardi Mulyono Surbakti sangat menyambut baik atas diperolehnya predikat akreditasi B prodi pendidikan fisika tersebut. Peringkat B tersebut berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 3125/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2018. Sertifikat akreditasi ini berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 21 November 2018 sampai dengan 21 November 2023.

Selanjutnya ketua prodi pendidikan fisika Bapak M. Gade juga merasa sangat bersyukur dan bergembira atas capaian ini. “Atas keridhaan Allah SWT serta usaha yang kami lakukan bersama seluruh tim borang, dosen-dosen pendidikan fisika, pihak dekanat dan rektorat yang sangat bersungguh-sungguh dan bekerja keras dalam mengelola prodi pendidikan fisika sebagai amanah dari umat secara umum maupun pihak civitas akademik UMN Al Washliyah. Prestasi akreditasi ini merupakan jerih payah seluruhnya yang telah melakukan penyusunan borang dengan penuh ketulusan dan komitmen serta dedikasi semua pihak. Hasil akreditasi ini adalah salah satu bukti kesungguhan kami dalam mengelola prodi pendidikan fisika. Hasil ini juga kami persembahkan sebagai hadiah milad ke – 88 Ormas Al Washliyah yang jatuh pada tanggal 30 November 2018,“ kata Pak M. Gade. Saat ini prodi pendidikan fisika UMN Al Washliyah di asuh oleh dosen-dosen lulusan S2 dan S3 beberapa PT terkemuka di indonesia seperti UNJ, ITB, Unsiyah, USU dan Unimed. Dosen tetapnya saat ini adalah M. Gade, Rita Destini, Jafri Hariyadi, Elia Putri, Marnanda Seragih, Sahara lubis, Shinta Marito Siregar, Rofiqoh Hasan, Sutri Novika, Khairiah, Lia Afriyanti Nasution dan Juliandi Siregar.

Ibu Rita Destini sebagai salah satu dosen pendidikan fisika dan anggota tim borang akreditasi menambahkan, dengan adanya penilaian ini mampu membuktikan jika tata kelola yang kami jalankan sudah sesuai pada rel yang telah digariskan terkait dengan tata kelola perguruan tinggi dan program studi. Lanjut bu Rita, jauh hari jelang penilaian akreditasi prodi pendidikan fisika ini, seluruh tim borang dan dosen memang sudah menyiapkan diri untuk dinilai. Karenanya, ketika asesor dari BAN PT yaitu Bapak Prof. Dr. H. Jamaluddin, M.Ed dan Dr. Adi Rahwanto, M.Eng datang melakukan visitasi dan mengkonfirmasi dari borang yang telah diisi, kami seluruhnya sangat antusias menyambut dan memberikan pelayanan maksimal.

“Saat dialog dan diskusi mengenai borang pendidikan fisika yang dilakukan para asesor BAN PT sangat memotivasi kami untuk bekerja lebih giat lagi. Penilai dari BAN-PT ini telah memberikan semangat bagi para pengajar dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kinerjanya. Hasil akreditasi ini menjadi cambuk untuk lebih baik lagi. Kami akan mempertahankan dan berharap bisa meningkatkan prestasi ini,” tambah Juliandi Siregar juga sebagai dan tim borang pendidikan fisika UMN Al Washliyah.

Proses visitasi yang dilakukan adalah untuk memastikan bahwa visi dan misi sinkron dengan kurikulum yang ada. Para alumni maupun mahasiswa juga sangat bergembira dan bersuka cita atas keberhasilan ini serta berharap agar prodi pendidikan fisika terus berbenah dan semakin berprestasi serta menjadi prodi yang lebih baik lagi masa datang. Dan menjadi salah satu unsur yang memberikan kontribusi positif bagi institusi UMN Al Washliyah.

Dengan meningkatnya akreditasi dari C ke B ini, insya allah akan meningkatkan kepercayaan masyarakat khususnya di Sumatera Utara terhadap prodi pendidikan fisika UMN Al Washliyah yang memiliki komitmen tinggi mencetak mutu lulusan berkualitas, tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan berkarakter islami. Dengan diraihnya nilai akreditasi B ini maka akan banyak peluang yang dapat diupayakan untuk lebih progresif dalam membuka peluang peluang baru yang menguntungkan bagi masyarakat di Kota Medan ataupun Sumatera Utara. Akreditasi bagi Perguruan Tinggi (PT) sudah menjadi seperti nyawa. Sehingga harus disadari oleh seluruh pihak terkait tentang pentingnya akreditasi tersebut. Manfaat lain dari akredirasi adalah bagi lulusan yang ingin bekerja apalagi ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), beberapa instansi mensyaratkan akreditasi. Bahkan beberapa perusahaan swasta sudah mensyaratkan calon tenaga kerjanya harus dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B bahkan harus A. (ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *