Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UMN Al Washliyah

Rektor Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, Dr H Hardi Mulyono MAP menerima salinan Surat Keputusan (SK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI No.101/M/2020 tentang izin pembukaan program studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam lingkup bidang studi matematika, bahasa Inggeris, bahasa Indonesia, guru sekolah dasar (PGSD), dan PPKN.

Penyerahan salinan keputusan Mendikbud RI tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Kopertis/L2DIKTI Wilayah I Sumut, Prof Dian Armanto MPd MA MSc di kantor Kopertis Jl Sempurna Tanjungsari Kec. Medan Selayang, Jumat (7/2/2020).

Rektor Hardi Mulyono melalui wakil rektor (WR) I, Dr H Firmansyah MSi saat ditemui di kampus mengatakan rasa syukurnya dan itu artinya tahun ajaran baru 2020-2021, UMN Al Washliyah akan menerima mahasiswa baru untuk prodi PPG.

Hal ini memang sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat karena lingkup lima bidang studi ini sangat banyak peminatnya. “Sekarang kita sudah berani menerima mahasiswa baru prodi PPG karena sudah keluar izinnya dari Kemendikbud,” kata Firmansyah.

WR I melanjutkan akan menyusul pembukaan prodi baru lainnya, yakni magister (S2) Ilmu Hukum, Pendidikan Profesi Apoteker dan magister (S2) Bahasa Inggeris.

Terkait ketersediaan tenaga pengajar (dosen), kata Firmansyah, untuk PPG sudah melimpah. Untuk lingkup lima bidang studi pada PPG masing-masing sudah memiliki dua dosen bergelar doktor (S3), dan untuk prodi S2 Ilmu Hukum sudah memiliki tujuh dosen tetap bergelar doktor dan satu guru besar hukum, yakni Prof Sri Sulistyawati PhD.

Ke depannya, kata Firmansyah, akan bertambah dua orang guru besar, salah satunya Ernita untuk fakultas pertanian.

Uang Kuliah Tidak Naik

WR I juga menyampaikan untuk penerimaan mahasiswa baru TA 2020-2021 tidak ada kenaikan uang kuliah. “Rektor sudah membuat kebijakan tersebut, dan rektor juga membuat kebijakan adanya insentif kepada stakeholder,” kata Firmansyah seraya menambahkan sekarang ini UMN Al Washliyah sudah memiliki akreditasi B dan pihaknya sedang berupaya keras untuk menaikkan akreditasi jadi A.

Dari banyak indikator dan penghargaan yang diterima mahasiswa maupun dosen baik di tingkat lokal, nasional dan internasional dan penelitian serta pengabdian masyarakatnya masuk peringkat 117 besar tingkat nasional, UMN Al Washliyah bisa dikatakan sebagai Perguruan Tinggi papan atas di Sumatera Utara. Apalagi dari segi kualitas dosen sudah memiliki 40 dosen S3.

Calon mahasiswa baru maupun orangtua mahasiswa sekarang ini bisa mendapat informasi ter update tentang UMN Al Washliyah yang rutin ditayangkan di media berita online maupun cetak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1.5K Views
Bahasa