INOVASI PEMBELAJARAN CISCO WEBEX (VIDEO PEMBELAJARAN DARING) DI SD SWASTA PAB 34 PATUMBAK

Pada Senin 16 November 2020 telah berlangsung kegiatan pengabdia masyarakat yang dihadiri oleh Kepala Sekolah beserta siswa dan guru di Patumbak yang beralamat di SD SWASTA PAB 34 PATUMBAK Sumatera Utara. Kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen UMN AL-Washliyah dari berbagai program studi yaitu prodi Manajemen, Bahasa Inggris, Matematika, dan prodi Bahasa Indonesia tentunya berlangsung sesuai dengan tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Pengabdian masyarakat ini membahas tentang pentingnya CISCO WEBEX di masa pandemic ini agar lebih mempermudah anak serta pendidik belajard dan mengajar. Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas dengan penggunaan komputer/PC serta data yang tidak terbatas, karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang begitu cepat sebagai pondasi pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan Pendidikan 4.0 merupakan bentuk pendidikan yang mengintegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak ke dalam pembelajaran atau dengan kata lain sebagai fenomena penetrasi digital di lingkungan dunia pendidikan. Pendidikan 4.0 mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan digital secara langsung. Inti dari fenomena pendidikan ini adalah kreativitas. Pendidikan model ini hadir untuk merespon kebutuhan revolusi industri keempat dimana manusia dan mesin di selaraskan untuk mendapatkan solusi. Memecahkan masalah dan tentu saja menemukan kemungkinan inovasi baru. Kehadiran teknologi ini menjadi alternatif model pembelajaran serta pemanfaatannya.

Menurut salah satu dosen Drs. Samsul Bahri, M.Si berpendapat bahwa Dengan adanya model pembelajaran e-learning berbasis web, maka sekolah (1) akan tersedia bahan ajar yang telah divalidasi sesuai dengan bidangnya sehingga setiap guru dapat menggunakan dengan mudah serta efektivitas dan efisiensi pembelajaran secara keseluruhan akan meningkat, (2) pengembangan isi pembelajaran akan sesuai dengan pokok-pokok bahasan, (3) sebagai pedoman praktis implementasi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik pembelajaran, dan (4) mendorong menumbuhkan sikap kerja sama antara guru dengan guru dan guru dengan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran.

Dengan adanya model pembelajaran e-learning berbasis web, maka sekolah (1) akan tersedia bahan ajar yang telah divalidasi sesuai dengan bidangnya sehingga setiap guru dapat menggunakan dengan mudah serta efektivitas dan efisiensi pembelajaran secara keseluruhan akan meningkat, (2) pengembangan isi pembelajaran akan sesuai dengan pokok-pokok bahasan, (3) sebagai pedoman praktis implementasi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik pembelajaran, dan (4) mendorong menumbuhkan sikap kerja sama antara guru dengan guru dan guru dengan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran. Sebagai salah satu aplikasi media e-learning WebEx memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur, performa, maupun mobilitas. Berikut keunggulan yang dimiliki oleh WebEx: a. Berbagi desktop, dokumen, dan aplikasi Memudahkan pengguna untuk mengendalikan desktop atau desktop pengguna lain dan juga sebaliknya. Mengkolaborasikan isi data, mengaturnya di layar komputer tanpa harus mengunggah isi data terlebih dahulu.

b. Audio dan VoIP yang terintegrasi Pengguna dapat memilih toll atau toll-free untuk interaksi audio, ataupun menggunakan Voice over IP yg terintegrasi di komputer.

c. Multimedia Memudahkan presentasi melalui fitur-fitur Microsoft PowerPoint, flash animation, audio, serta video.

d. Video teleconference Simulasi pertemuan tatap muka antar pengguna yang berbeda lokasi dengan fitur multipoint video.

e. Pembicara aktif Mengidentifikasikan siapa lawan bicara dengan ikon bergerak yg muncul pada layar pengguna

f. Merekam pembicaraan, menyunting, dan memutar kembali Merekam pembicaraan untuk referensi di pertemuan selanjutnya, pelatihan, dan demonstrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Views
Bahasa