PEMBINAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU TK/PAUD KENCANA SASTRA KAB. DELI SERDANG

Jum’at pada 1 Desember 2021 telah berlangsung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di TK/PAUD KENCANA SASTRA KAB. DELI SERDANG Sumatera Utara. Kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen UMN AL-Washliyah dari berbagai program studi yaitu prodi PGAUD, Bahasa Inggris, Matematika, dan prodi Bahasa Indonesia tentunya berlangsung sesuai dengan tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAUD di TK Kencana Sastra Desa Sambirejo Timur Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Menyadari akan pentingnya kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan yang dapat menambah kemampuan para guru yang sebagian besar merupakan tamatan SMA/setara. Pebelajaran tematik merupakan sarana bagi guru dalam merancang kegiatan bermain yang menyenangkan sesuai dengan tema di PAUD. Para guru diharapkan mampu merancang rencana pembelajaran tematik sesuai dengan karakteristik, situasi, dan kondisi di mana satuan PAUD berada agar pemeblaajaran yang diberikan berlangsung menyenangkan dan menarik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode diskusi, pendampingan, dan latihan.

Menurut salah satu dosen Drs. Darajat Rangkuti, M,Pd  Kegiatan program pengabdian masyarakat ini adalah berupa kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini telah dilaksanakan mulai dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2021 yang bertempat di lab komputer TK/SD/SMP Swasta Kencana Sastra yang beralamat di Jalan Sederhana Dusun IX Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB. Pada kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tersebut dibuka oleh Ketua Tim pengabdian UMN selama 10 menit kemudian dilanjutkan pemberian kata sambutan oeh Bapak ketua yayasan TK/SD/SMP Kencana Sastra selama 5 menit, Selanjutnya peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah guru-guru TK/SD/SMP Swasta Kencana Sastra baik guru TK, SD maupun guru SMP.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini berjalan cukup lancar dan telah sesuai dengan yang direncanakan. Antusiasme dari para peserta dalam pelaksanaan sosialisasi dan penyuluhan ini dibuktikan dengan perhatian yang diberikan peserta kepada pemateri yang tampil serta terdapat interaksi dan tanya jawab antara pesera dan pemateri. Selain itu, sejak dimulainya kegiatan sosialisasi ini dari pukul 10.00 WIB-13.00 WIB ada beberapa peserta yang ijin atau meninggalkan acara karena ada kegiatan lain. Dalam kegiatan tersebut hampir seluruh peserta mengikuti seluruh rangkaian acara kegiatan dari awal sampai akhir. Pemahaman materi yang disampaikan oleh pemateri juga cukup baik, meskipun ada beberapa penggunaan istilah asing dalam kegiatan pembelajaran yang agak sulit diterima oleh peserta, namun dengan kompetensi dan cara penyampaian materi yang baik dari para pemateri akhirnya dapat dengan mudah diterima, dimengerti dan mendapat tanggapan atau apresiasi yang baik dari para peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 Views
Bahasa