LLDikti Wilayah I Gelar Anugerah Pelaporan SPMI Tahun 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara menggelar Anugerah Pelaporan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) Tahun 2023 bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lingkungan LLDikti Wilayah I. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi perguruan tinggi agar senantiasa meningkatkan akreditasi dan pelaporan SPMI-nya.

Kepala LLDikti Wilayah I, Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, MA., Ph.D dalam kata sambutannya mengatakan bahwa tugas utama LLDikti Wilayah I adalah meningkatkan mutu perguruan tinggi di Sumatera Utara. Untuk itu LLDikti Wilayah I telah membuat indikator secara terperinci mengenai seluruh aktivitas perguruan tinggi selama tahun 2023 akan dikaitkan dengan penilaian akreditasi, salah satunya yaitu SPMI.

Usaha yang dilakukan LLDikti Wilayah I ini membuahkan hasil yang baik. Terbukti sebanyak 30 program studi di perguruan tinggi yang berada di lingkungan LLDikti Wilayah I mampu meraih akreditasi unggul.

“Sebelumnya LLDikti Wilayah I sudah melakukan roadshow ke kampus-kampus. Memang kan tidak bisa langsung jadi karena membuat dokumen-dokumen itu, TS-5 sampai TS hari ini kan bukan pekerjaan mudah. Kalau selama ini kita menganggap akreditasi itu kerjaan periodik, 3 tahunan sekali atau 5 tahunan sekali maka sekarang kita harus merubah mindset kita, setiap hari adalah akreditasi.” Ujar Ka. LLDikti Wilayah I saat di temui di JW Marriott Hotel Medan (15/1/2024).

Ia mengungkapkan bahwa untuk menjadi perguruan tinggi yang bermutu maka perguruan tinggi tersebut harus menambah jumlah dosen yang memiliki ijazah Doktor (S3) serta meningkatkan jabatan fungsional dosen menjadi lektor kepala dan guru besar. Pada Anugerah Pelaporan SPMI Tahun 2023 bagi PTS di Lingkungan LLDikti Wilayah I, terdapat beberapa kategori penghargaan yang diberikan. Diantaranya kategori kerja sama terbaik, kategori program studi unggul, kategori penetapan, kategori pelaksanaan, kategori evaluasi, kategori pengendalian dan kategori peningkatan SPMI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

90 Views