Prodi PGSD UMN Al Washliyah Jalani Asesmen Lapangan LAMDIK

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah telah menjalani asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Asesmen lapangan ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti usulan akreditasi Prodi PGSD (6-7/3/2024). Hadir 2 asesor utusan LAMDIK yaitu Dr. Misriandi, M.Pd dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D dari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Sebelum melaksanakan asesmen, tim asesor disambut oleh Rektor UMN Al Washliyah, Dr. H. Firmansyah, M.Si. Ia mengucapkan selamat datang dan menjelaskan mengenai UMN Al Washliyah kepada tim asesor LAMDIK. Setelah itu, tim asesor melanjutkan kegiatan di Ruang Sidang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk memverifikasi, memvalidasi dan menglarifikasi data serta informasi yang terdapat dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) dan melakukan penilaian lapangan secara langsung.

Dr. Misriandi, M.Pd mengatakan bahwa saat ini Program Studi PGSD UMN Al Washliyah telah memiliki fasilitas dan pengelolaan yang baik. Namun tidak berhenti sampai disitu, Prodi PGSD UMN Al Washliyah harus senantiasa meningkatkan kualitas baik dari segi tri dharma perguruan tinggi maupun sumber daya manusia.

“Kita memang sudah berkeliling. Melihat sarana dan prasarana yang ada. Saya kira ini patut dibanggakan dan mudah-mudahan terus berkembang tapi tidak cukup sampai disini saja. Terkait dengan sarana dan prasarana yang udah ada apalagi ada UMN Channel (studio Broadcasting UMN Al Washliyah) bisa dimanfaatkan untuk mengikuti perkembangan zaman sekarang, lebih banyak informasi-informasi lewat media sosial. Terkait dengan dosen-dosen dan SDM tentu itu yang utama. PGSD sudah ada guru besar dan mudah-mudahan terus bertambah. Insya Allah itu secara otomatis akan meningkatkan potensi yang ada di kampus terkait dengan pembelajaran, penelitian dan pengabdian.” Jelas Dr. Misriandi.

Ketua Program Studi PGSD UMN Al Washliyah, Sujarwo, M.Pd menuturkan bahwa proses asesmen lapangan sudah berjalan dengan baik dari mulai sesi wawancara dengan dosen, tenaga pendidik, mahasiswa dan alumni, serta melakukan peninjauan fasilitas secara langsung. Diharapkan nantinya Prodi PGSD UMN Al Washliyah akan memperoleh hasil akreditasi sesuai dengan yang diharapkan.

Asesmen lapangan ditutup dengan disampaikannya hasil dan rekomendasi oleh tim asesor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 Views