Back

UMN Al Washliyah Jadi Tuan Rumah Pilmapres Tingkat Wilayah Tahun 2024

Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah dipilih menjadi tuan rumah pada kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat wilayah tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah I Sumatera Utara. Kompetisi ini dilaksanakan selama 3 hari di Kampus Syeikh H Muhammad yunus, UMN Al Washliyah (6-8/5/2024).

Pilmapres kali ini diikuti oleh 56 mahasiswa berprestasi yang terdiri dari 37 mahasiswa program sarjana dan 19 mahasiswa program diploma. Selama 2 hari, seluruh peserta mengikuti tahapan seleksi yang mencakup aspek capaian unggulan, gagasan kreatif produk inovatif dan bahasa inggris.

Rektor UMN Al Washliyah, Dr. H. Firmansyah, M.Si mengatakan pihaknya bersyukur atas kepercayaan yang diberikan LLDikti wilayah I kepada UMN Al Washliyah sebagai tuan rumah Pilmapres tingkat wilayah tahun 2024. UMN Al Washliyah pastinya mendukung penuh kegiatan ini dan berharap Pilmapres kali ini akan berjalan lancar dan sukses.

“Tentu ucapan terima kasih kami dari sivitas akademika UMN Al Washliyah atas kepercayaan LLDikti Wilayah I bekerja sama kepada kami di UMN Al Washliyah sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan event ini. Tentu ini suatu kebanggaan bagi kami dan kebahagiaan juga. Mudah-mudahan kedepan banyak yang bisa kita kerja sama kan dari LLDIkti Wilayah I maupun semua universitas yang hari ini ada perwakilan mahasiswanya di Pilmapres ini.” Ujar Rektor UMN Al Washliyah.

Sebagai tuan rumah, UMN Al Washliyah mengirimkan 1 mahasiswa yaitu Nur Fatimah dari Program Studi Farmasi untuk program sarjana. Fatimah telah dibekali dan dipersiapkan agar dapat menunjukkan performa terbaik di ajang bergengsi ini.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I, Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, MA., Ph.D berharap agar nantinya perwakilan mahasiswa berprestasi dari Sumatera Utara dapat lolos ke tahap 10 besar. Untuk itu, perwakilan mahasiswa berprestasi harus dibekali dengan kemampuan bahasa asing, menulis artikel dan berpikir kritis.

“Mereka (mahasiswa) sebetulnya dianggap berprestasi apabila mereka memiliki skill-skill tadi seperti bahasa, kemampuan menulis, menulis argumen, berpikir kritis itulah yang kita harapkan generasi muda kedepan. Jadi dengan kemampuan itu mereka bisa menambah nilai plus selain kemampuan akademik dengan IPK di bidang masing-masing.” Jelas Ka. LLDikti Wilayah I.

Di hari ketiga, diumumkan pemenang Pilmapres tingkat wilayah tahun 2024 di lingkungan LLDikti Wilayah I.

Juara Pilmapres Tingkat Wilayah Tahun 2024 di Lingkungan LLDikti Wilayah I Program Sarjana

Juara I             : Nesya Alya Fayyaza dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Juara II            : Muammar Sahala Tua Siregar dari Universitas Negeri Medan

Juara III           : Chandra Sentosa dari Universitas Sumatera Utara

Harapan I        : Roisayudha Pradhana Suharsono dari Universitas Pembangunan Panca Budi

 

Juara Pilmapres Tingkat Wilayah Tahun 2024 di Lingkungan LLDikti Wilayah I Program Diploma

Juara I             : Yudi Febrianto Samosir dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Juara II            : Jihan Aulia dari Politeknik Negeri Medan

Juara III           : Wahyu Lidia Marpaung dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Husada Medan

Harapan I        : Steven Walker Simangunsong dari Universitas Sumatera Utara