Pendidikan Fisika

Profil Progran Studi Pendidikan Fisika

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran terhadap mahasiswa strata 1 (S1). Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 0402/0/1983 tanggal 22 Januari 1981 tentang Pembentukan Program Studi Pendidikan Fisika pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang ditandatangani oleh Bambang Suhendro selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah telah beberapa kali mengalami pergantian ketua program studi, untuk pertama kalinya dijabat oleh Prof. Mara Bangun Harahap, M.Pd (periode 1987-1990) dilanjutkan oleh Drs. Marnanda Saragih, M.Si (periode 1990-1994), Drs. Jafri Haryadi, M.Si (periode 1994-1997), Dra. Elia Putri, M.Pd (Periode 1997-2000), Drs. M. Gade, M.Si (periode 2001-2003), Drs. Marnanda Saragih, M.Si (periode 2003-2009), Drs. Jafri Haryadi (periode 2009- 2016) dan Drs. M. Gade,M.Si (periode 2016- Sekarang).

Visi Program Studi Pendidikan Fisika

Pada tahun 2025 menjadi program studi yang menghasilkan tenaga pendidik fisika yang berkualitas, tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan berkarakter islami.

 

Misi Program Studi Pendidikan Fisika

  1. Menyelenggarakan kegiatan akademik di bidang Pendidikan Fisika yang berkualitas dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mampu memenuhi tuntutan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Fisika/Fisika yang dapat mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengadian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Fisika/Fisika untuk peningkatan harkat dan martabat masyarakat.
  4. Terselenggaranya pembentukan insan akademik di bidang Pendidikan Fisika yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai islam.
  5. Menyelenggarakan kerjasama di bidang Pendidikan Fisika/ Fisika dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan dengan ketentuan tidak melanggar hukum yang berlaku dan sesuai dengan norma dan etika yang ada.

 

Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika

  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Fisika yang berpengetahuan luas, cerdas, produktif, profesional, bertaqwa dan berbudi pekerti yang luhur dalam berjuang menuntut kebahagian dunia dan akhirat.
  2. Menghasilkan sarjana Pendidikan Fisika yang dapat mengembangkan keilmuan dan inovasi pembelajaran dalam bidang pendidikan fisika melalui kegiatan penelitian.
  3. Menghasilkan sarjana Pendidikan Fisika yang mampu menyebarluaskan hasil kajian Pendidikan Fisika dan kegiatan lainnya yang mendukung program pendidikan melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  4. Menghasilkan sarjana Pendidikan Fisika yang berwawasan keislaman dan berakhlaqul karimah, amanah dan jujur, tanggap terhadap perubahan zaman serta mampu berkompetisi dalam kehidupan global secara kreatif untuk menyikapi kebutuhan pembangunan.
  5. Menghasilkan kerjasama bidang Pendidikan Fisika/Fisika dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan dengan ketentuan tidak melanggar hukum yang berlaku dan sesuai dengan norma dan etika yang ada.

 

STRUKTUR ORGANISASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

Keterangan :

     Ka. Prodi saat ini Drs. M. Gade M.SI