Prodi PPG Gelar Orientasi PPG Prajabatan

Program studi pendidikan profesi guru (ppg) umn al washliyah menggelar orientasi ppg prajabatan gelombang i tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung secara luring di hotel madani medan pada kamis (29/9).

Orientasi ini diikuti oleh 44 mahasiswa yang tersebar di 2 bidang studi, yaitu pendidikan guru sekolah dasar dan pendidikan bahasa inggris. Mahasiswa ppg prajabatan gelombang i ini berasal dari berbagai daerah di sumatera utara dan sebagian besar didominasi oleh alumni dari universitas negeri medan.

Pada orientasi ini, mahasiswa menerima materi tentang prosedur perkuliahan dan jadwal perkuliahan, pengisian krs, pendalaman alur merdeka dalam pembelajaran, serta pengenalan learning management system.

Rektor umn al washliyah, bapak dr. Krt. Hardi mulyono k. Surbakti berpesan kepada mahasiswa agar mengikuti perkuliahan dengan baik agar kelak dapat menjadi guru yang dapat mencerdaskan generasi bangsa.

“Hari ini saya bertemu dengan 44 mahasiswa PPG dari 2 prodi PGSD dan Pendidikan Bahasa Inggris yang hari ini diserahkan pemerintah kepada kita sebagai LPTK. Saya sudah arahkan kepada anak-anak supaya mereka bisa mengikuti perkuliahan selama 2 semester dengan baik. Tentu haran kita mereka bisa melaksanakan ini dengan disiplin yang tinggi, sungguh-sungguh yang mana nanti kelak akan berhasil meraih kompetensi sebagai guru-guru baru yang akan diangkat oleh pemerintah. Pesan saya kepada mereka agar mereka aktif mengikuti perkuliahan. Jangan menjadi guru yang pasif karena mereka akan mengajarkan sesuatu kepada anak-anak. Oleh karenanya jadikan program PPG ini menjadi solutif buat mereka memecahkan berbagai persoalan yang akan dihadapi ketika mereka berada di lapangan menjadi guru” Ujar Rektor UMN Al Washliyah.

Dini septia, salah satu mahasiswa ppg prajabatan merasa sangat senang karena telah berhasil terpilih menjadi salah satu mahasiswa yang dapat mengikuti program ini. Nantinya beliau akan terus berupaya mencari cara untuk dapat meningkatkan minat belajar bagi siswa.

“Jujur Alhamdulillah saya merasa senang karena telah diterima menjadi salah satu mahasiswa PPG Prajabatan gelombang pertama di tahun 2022. Nah harapan saya kedepan yaitu agar saya bisa menjadi pendidik yang diharapkan untuk dapat membentuk generasi yang akan datang menjadi lebih baik. Saya juga akan mencari cara untuk mengembangkan para generasi muda anak-anak terkhusus pelajar agar mereka meningkatkan minat mereka untuk belajar agar kedepannya menjadi orang yang bermanfaat bagi Negara, bangsa dan juga agama.” Tambahnya.

Ppg prajabatan merupakan salah satu program unggulan kemendikbudristek untuk mewujudkan keseimbangan kebutuhan dan pemenuhan guru, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Di samping itu, ppg prajabatan juga bertujuan untuk menghadirkan guru bersertifikat dan dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

334 Views