Pembekalan dan Pelepasan KKL Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah telah mengadakan kegiatan pembekalan dan pelepasan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mahasiswa pascasarjana. Kegiatan ini diadakan di Ruang Serbaguna Kampus Syeikh H. Muhammad Yunus, UMN Al Washliyah (23/8/2023). Kegiatan KKL  Internasional ini nantinya akan diikuti oleh 41 mahasiswa pascasarjana yang merupakan mahasiswa prodi pendidikan matematika, pendidikan bahasa indonesia dan pendidikan bahasa inggris.

Kegiatan KKL internasional ini berlangsung dari tanggal 25-28 Agustus 2023. Mahasiswa pascasarjana UMN Al Washliyah melaksanakan KKL di Universitas Jamiah Islam Syeikh Daud Al-Fathani (JISDA), Yala, Thailand. Agenda utama yang akan dilakukan oleh mahasiswa yaitu mengikuti konferensi internasional, dimana nantinya ini akan menjadi salah satu syarat wajib bagi mahasiswa yang akan melaksanakan sidang meja hijau.

Selain konferensi, mahasiswa pascasarjana umn al washliyah juga akan melakukan pengabdian kepada masyarakat di Thailand dan mengikuti kegiatan Maal Hijrah atau Karnaval Budaya Internasional. Selain itu peserta KKL akan mempresentasikan artikel atau jurnal terbaik mereka di depan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa UMN Al Washliyah dapat berdiskusi, bertukar ide dan memperoleh masukan dari mahasiswa internasional.

“ Kegiatan KKL kita ini kali ini tahun ini cukup berbeda, kita akan terjun langsung ke masyarakat di Yala. Masyarakat Yala di desa ada beberapa yang sudah kita kondisikan untuk pengabdian internasional. Pertama kita akan melakukan pola pengajaran kemudian penyampaian hal hal yang berkembang dimasyarakat, selain itu juga kegiatan ini juga akan dikemas menjadi konferensi internasional. Pembicara dan narasumbernya dari tiga negara, Malaysia, Thailand dan Indonesia serta yang paling istimewa dalam kegiatan KKL kali ini kita diundang dalam panitia festival budaya yang disebut di Thailand itu dengan Maal Hijrah. Jadi kegiatan ini adalah kegiatan festival budaya internasional. “ Ujar Direktur Pascasarjana UMN Al Washliyah, Sutikno, M.Pd., Ph.D.

“Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan pengalaman dan motivasi kepada mahasiswa ketika nanti menjadi guru dilapangan bahwa kita (mahasiswa Indonesia) juga perlu pembanding negara lain agar dapat memajukan pendidikan di Indonesia” tambahnya.

Pascasarjana UMN Al Washliyah telah mempersiapkan kegiatan KKL ini dengan sangat baik, terbukti dengan telah dibekalinya mahasiswa dengan pelatihan komunikasi internasional, adat istiadat yang ada di Thailand  serta masalah-masalah akademik yang nantinya dapat didiskusikan bersama.

Wakil rektor  I UMN Al Washliyah, Dr. H. Anwar Sadat, S.Ag., M.Hum berpesan kepada mahasiswa untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, aktif berpartisipasi dalam konferensi Internasional dan menjalin hubungan baik dengan mahasiswa lain yang mengikuti kegiatan tersebut serta menjaga nama baik UMN Al Washliyah.

“ Kita berharap agar ini menjadi pelajaran berharga bagi mereka diluar ilmu yang diperoleh diruang kelas dan mereka mamberikan laporan tertulis kepada direktur yang menjadi dokumen kita untuk menjadi prodi dan perguruan tinggi yang unggul dalam masa yang akan datang “ Ujar Wakil rektor  I UMN AL Washliyah.

Mahasiswa Pascasarjana UMN Al Washliyah sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan KKL internasional ini. Mereka telah mempersiapkan diri untuk mempresentasikan artikel atau jurnal terbaik mereka yang telah dibuat, kemudian telah berdiskusi dengan dosen serta mengumpulkan referensi yang mendukung penelitian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

204 Views
Bahasa