Back

Dosen UMN Al Washliyah Laksanakan Pengabdian Masyarakat Internasional Di Unisza Malaysia

Dosen Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, Medan, Sumatera Utara melaksanakan pengabdian masyarakat internasional atau Knowledge Transfer Program (KTP) di Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA), Terengganu, Malaysia pada (23/10). Kegiatan ini merupakan realisasi dari MoU yang sebelumnya telah dijalin antara UMN Al Washliyah dengan UniSZA.

Prof. Dr. Ahmad Puad Mat Som, Dekan Faculty of Applied Social Science UniSZA, mengatakan bahwa kerjasama antara UMN Al Washliyah dan UniSZA telah lama terjalin. Hal ini dibuktikan dari beberapa kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan bersama oleh dosen kedua belah pihak. Ia menyampaikan bahwa pihak UniSZA telah berkunjung ke UMN Al Washliyah pada Juni 2023 lalu dan ia merasa sangat senang karena saat ini dapat menerima kunjungan balasan dari UMN Al Washliyah.

“Bagi saya ini program yang sangat bermanfaat bukan hanya untuk dosen dan mahasiswa tapi juga untuk masyarakat setempat. Saya berharap program ini dapat kita panjangkan lagi di masa akan datang dan dapat diadakan dalam skala yang lebih besar melibatkan community setempat” Ujarnya.

KTP diisi dengan pemaparan materi oleh dosen UMN Al Washliyah dan UniSZA. Ada 6 (enam) topik yang dibahas pada kegiatan kali ini. Pertama yaitu tajuk Strengthening Digital Literacy in Preventing Loans for Students: The Experience of Indonesia and Malaysia yang disampaikan oleh Nelvitia Purba, Ph.D (UMN Al Washliyah), Prof. Madya TS. Dr. Mohammad Khairul Amri Kamarudin dan Dr. Wan Nor Azilawanie Tun Ismail (UniSZA). Tajuk kedua yaitu Strengthening Shared Culture-based Multimedia to Improve Learning Process: Indonesia & Malaysia yang dipaparkan oleh Dr. Firmansyah, M.Si dan Asnarni Lubis, S.Pd., M.Pd (UMN Al Washliyah), Dr. Hezzrin Mohd Pauzi dan Dr. Noorjima Abd Wahab (UniSZA).

Tajuk ketiga mengenai Socializing the Metademolab Application: Artificial Intelligence-based Learning Media-A Social Innovation Approach in the Teaching Context yang dijelaskan oleh Umar Darwis, M.Pd (UMN Al Washliyah), Dr. Mohd. Syaiful Nizam Abu Hassan dan Dr. Wan Mohd. Adzim Wan Mohd. Zain (UniSZA). Tajuk keempat membahas tentang  Cultivating Enterpreneurial Interest in Food Product Development for Students oleh Dian Habibi, MP (UMN Al Washliyah), Dr. Tuan Muhammad Zukri Tuan Sembok dan Dr. Nurul Jannah Mohd. Juaini (UniSZA).

Tajuk berikutnya tentang The Islamic Wasatiah Concept in Community Development Aspect: Experiences in Indonesia and Malaysia yang disampaikan oleh Dr. Rahmadi Ali, M.Pd (UMN Al Washliyah), Dr. Wan Jazmina bin Wan Arifin dan Dr. Roslieza Rosli (UniSZA). Tajuk terakhir mengenai Learning English with Understanding Multicultural Values for Enhancing Cross Culture Communication Skill yang dipaparkan oleh Nazriani Lubis, S.Pd., M.Hum (UMN Al Washliyah), Dr. Normah Awang Noh dan Dr. Nur Shahirah Mior Shariffuddin (UniSZA).

Asnarni Lubis, M.Pd, Sekretaris LPIM UMN Al Washliyah menyampaikan bahwa pihak UMN Al Washliyah berterimakasih untuk sambutan hangat yang diberikan oleh pihak UniSZA. Ia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk berbagi ilmu dan berkolaborasi dengan dosen di UniSZA guna memperkaya tajuk yang disampaikan. Diharapkan nantinya dosen UMN Al Washliyah dan UniSZA dapat terus berkolaborasi dalam bidang lainnya seperti penelitian dan pengajaran.

Prof. Madya TS. Dr. Mohammad Khairul Amri Komarudin, Timbalan Dekan Faculty of Applied Social Science UniSZA mengatakan bahwa kegiatan ini akan membawa dampak yang baik bagi kedua belah pihak. Ia berharap kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan dan dapat melibatkan lebih banyak institusi.

Pada kesempatan kali ini, peserta juga terlihat sangat antusias mengikuti sesi panelis. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh peserta. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai isu isu yang ada di Indonesia dan Malaysia.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *