Prodi Pendidikan Fisika UMN Al Washliyah Jalani Asesmen Lapangan LAMDIK

Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah telah menjalani Asesmen Lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari (26-27/1/2024). Hadir dua Asesor utusan LAMDIK yaitu Bapak Dr. Taufik Ramlan Ramalis, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Bapak Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed dari Universitas Syiah Kuala.

Sebelum melaksanakan asesmen, tim asesor disambut oleh Rektor UMN Al Washliyah, Bapak Dr. H. Firmansyah, M.Si. Beliau mengucapkan selamat datang dan menjelaskan mengenai UMN Al Washliyah kepada tim asesor LAMDIK. Setelah itu, tim asesor melanjutkan kegiatan di ruang sidang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk memverifikasi, memvalidasi dan menglarifikasi data serta informasi yang terdapat dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) dan melakukan penilaian lapangan secara langsung.

Dr. Taufik Ramlan Ramalis, M.Si mengatakan bahwa banyak temuan-temuan baru yang dapat dilihat secara langsung selama asesmen lapangan. Fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliki Prodi Fisika sudah baik dan lengkap. Namun masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan guna pengembangan Prodi Fisika kedepannya.

“Kita harus melihat komprehensif. Ada sisi-sisi yang kelebihannya tapi kita juga harus mengakui ada hal-hal yang harus ditingkatkan. Fasilitas barusan saya lihat begitu mencukupi tapi juga fasilitas bukan sesuatu yang paling utama. Yang penting adalah orang yang menjalankan fasilitas itu. Mungkin kedepan seperti inventarisasi, penjadwalan itu harus lebih gampang diakses orang.” Paparnya.

Dr. Muhammad Syukri. S.Pd., M.Ed menjelaskan bahwa pembelajaran di Prodi Fisika telah sesuai dengan yang diharapkan. Ia menyarankan agar nantinya dosen Prodi Fisika dapat lebih rutin untuk melaksanakan hal yang telah tertulis di dokumen.

“Secara keseluruhan alhamdulillah sudah sesuai dengan ekspektasi. Mungkin ada sedikit improve yang harus dilakukan tapi secara keseluruhan sudah luar biasa menurut saya. Kami kan menilai dari dokumen dan sekarang kami (tim asesor) ke lapangan untuk melihat apa yang ditulis. Saran untuk kedepan tulis apa yang dibuat dan bua tapa yang ditulis.” Tambahnya.

Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, Ibu Lia Afriyanti Nst, M.Pd mengatakan bahwa tim task force sudah bekerja keras untuk mempersiapkan akreditasi ini. Ia berharap nantinya Prodi Fisika UMN Al Washliyah akan memperoleh hasil akreditasi sesuai dengan yang diharapkan. Asesmen lapangan ini merupakan komitmen Prodi Pendidikan Fisika UMN Al Washliyah dalam rangka meningkatkan kualitas mutu Pendidikan serta mendorong UMN Al Washliyah untuk menjadi salah satu Kampus swasta terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

31 Views
Bahasa