Back

Tindak Lanjuti Kerja sama, UMN Al Washliyah Adakan Pengabdian Masyarakat Internasional

Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah mengadakan pengabdian masyarakat internasional. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (26/2/2024).

Pengabdian masyarakat internasional kali ini merupakan kolaborasi antara Lembaga Pengabdian dan Inovasi Masyarakat(LPIM) UMN Al Washliyah dengan Universitas Amir Hamzah, Universiti Teknologi Mara Malaysia, Masyarakat Pelestari Lingkungan (MAPEL) Sumatera Utara, International Association of Economic and Bussiness (IAEB), Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen Indonesia (LEMKOMINDO) dan ITEMS Selangor Malaysia. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan yaitu penanaman bibit mangrove, bakti sosial, literasi alam dan donor darah.

Rektor UMN Al Washliyah, Dr. H. Firmansyah, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia  menyadari bahwa saat ini kolaborasi sangat dibutuhkan untuk kemajuan suatu institusi.

“Kolaborasi adalah suatu hal yang sangat bermanfaat di dalam melaksanakan kegiatan karena itu lebih bermanfaat dan lebih berhasil. Tentu hasilnya akan lebih baik jika dikerjakan oleh banyak orang.” Jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang, Elinasari Nasution, S.P menyambut baik hal yang dilaksanakan oleh UMN Al Washliyah, Universitas Amir Hamzah, UiTM dan seluruh lembaga swadaya masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini. Ia menuturkan bahwa penanaman bibit mangrove merupakan salah satu bentuk dukungan untuk menciptakan kelestarian lingkungan hidup. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, akan menambah wawasan masyarakat di desa bagan serdang mengenai literasi alam.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat mendukung terciptanya kelestarian lingkungan hidup yang mana ini merupakan amanat dari Undang-Undang bahwa Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan harus selalu kita jadikan sebagai pengambil dalam keputusan. Tentu ini akan merubah mindset masyarakat yang mungkin selama ini, informasi seperti ini masih kurang. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini kami berharap masyarakat akan mendapat banyak pengetahuan untuk melestarikan lingkungan.” Ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Wakil Rektor I Universitas Amir Hamzah, Dr. Lela Erwani, S.Sos., M.Hum. Diharapkan pengabdian masyarakat ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat di Desa Bagan Serdang.

Haji Muhammad Farid bin Samaes dari ITEMS Selangor dan merupakan perwakilan dari UiTM Malaysia berharap agar kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi dasar bagi perkembangan dan pembangunan masyarakat di Desa Bagan Serdang.

“Diharapkan program ini akan menjadi asas terhadap pengembangan dan Pembangunan masyarakat setempat yang lebih baik lagi. Tentu pihak ITEMS sendiri amat berbesar hati untuk menjalinkan hubungan Bersama pihak UMN Al Washliyah, MAPEL dan pimpinan masyarakat setempat juga. Jadi program sebegini juga menjadi salah satu agenda pihak kami (ITEMS) juga bagi membangun masyarakat.” Ucap Haji Muhammad Farid.

Ketua LEMKOMINDO, Dr. Khairuddin Tampubolon berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dengan melibatkan lebih banyak pihak lagi.