Dosen UMN Al Washliyah Kunjungi IPG & UKM Malaysia

Selain melaksanakan pengabdian masyarakat di Universiti Sultan Zainal Abidin, UniSZA juga memfasilitasi dosen UMN Al Washliyah untuk mengunjungi Institut Pendidikan Guru Kampus Dato’ Razali Ismail (IPGKDRI), Terengganu, Malaysia dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Adapun agenda yang dilaksanakan di IPGKDRI yaitu sharing session mengenai program pembelajaran yang ada di Malaysia dan Indonesia. Institut Pendidikan Guru merupakan kampus terbaik untuk menghasilkan guru sekolah dasar di Malaysia. Dijelaskan bahwa guru sekolah dasar di Malaysia seluruhnya merupakan lulusan dari IPG. Tentunya disini dosen UMN Al Washliyah juga dapat melihat secara langsung sistem pembelajaran yang ada di IPG Malaysia serta berkesempatan untuk mengunjungi teaching Lab School yang digunakan oleh mahasiswa IPGKDRI sebagai tempat praktik mengajar.

“Kami harap UMN dapat melihat bahwa inilah yang berlaku di sekolah dasar. Jadi activitynya lebih banyak berdasarkan problem based learning dan berpusat kepada pelajar. Kita harap pihak UMN bisa terus bekerjasama dengan kita untuk memastikan keberhasilan murid pada masa yang akan datang” ujar Dr. Pajuzi Bin Awang, Timbalan Pengarah IPGKDRI.

Institut Pendidikan Guru Kampus Dato’ Razali Ismail mengajak dosen UMN Al Washliyah untuk mengunjungi salah satu sekolah dasar yang ada di Terengganu yaitu SK Batu Rakit Kuala Nerus. Disini para dosen dapat melihat secara langsung kualitas pembelajaran berbasis project based learning yang diterapkan di sekolah dasar tersebut.

Guru besar SK Batu Rakit Kuala Nerus, Niorazura Binti Tahir berharap agar kerjasama antara kedua belah pihak dapat terus terjalin dan dapat mempercepat perkembangan sistem pendidikan di Indonesia dan Malaysia.

Sedangkan kunjungan ke Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) bertujuan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai adanya rencana kerjasama yang akan dijalin dalam bidang tri dharma perguruan tinggi. Banyak hal yang dapat dipelajari dari  terutama mengenai sistem publikasi jurnal yang telah tertata rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

123 Views