Jalani Asesmen Lapangan Oleh LAMDIK, Prodi PG-PAUD UMN Al Washliyah Optimis Raih Hasil Terbaik

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah telah menjalani asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari (18-19/1/2024). Hadir 2 asesor utusan LAMDIK yaitu Ibu Dr. Rohimi Zamzam, S.Psi., S.H., M.Pd., Psikolog dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Ibu Dr. Cucu Atikah, M.Pd dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sebelum melaksanakan asesmen, tim asesor disambut oleh Rektor UMN Al Washliyah, Bapak Dr. H. Firmansyah, M.Si. Ia mengucapkan selamat datang dan menjelaskan mengenai UMN Al Washliyah kepada tim asesor LAMDIK. Setelah itu, tim asesor melanjutkan kegiatan di ruang sidang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk melakukan verifikasi data, wawancara dengan pimpinan UPPS serta meninjau fasilitas, sarana dan prasarana milik Prodi PG-PAUD.

Ibu Dr. Rohimi Zamzam mengapresiasi kinerja PG-PAUD UMN Al Washliyah. Ia melihat bahwa proses belajar mengajar di PG-PAUD sudah berjalan baik. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh PG-PAUD. Diharapkan nantinya lulusan PG-PAUD UMN Al Washliyah dapat mewujudkan visi PG-PAUD yaitu menjadi lulusan yang humanis, mandiri serta berciri islami.

“Dalam proses asesmen ini kami (tim asesor) melihat banyak hal. Mengamati, mengobservasi tentu saja proses-proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan tentu ini menggembirakan dan mengapresiasi bahwa prodi PAUD cukup berjalan dengan baik dan tentu dengan kualitas SDM yang mendorong, mengembangkan dan menguatkan terutama PAUD yang ada di Medan ini.” Ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ibu Dr. Cucu Atikah. Ia menyampaikan bahwa sarana dan prasarana Prodi PG-PAUD UMN Al Washliyah yang digunakan dalam proses belajar mengajar telah lengkap. Selain itu, pelayanan yang diberikan oleh tenaga kependidikan (tendik) juga sangat baik.

“kegiatan asesmen lapangan cukup lancar, mereka bisa bekerja sama. Disamping itu saya tadi memantau juga sarana dan prasarana mulai dari perpustakaan, ruangan kelas dan semuanya sangat memadai. Jadi apa yang disebutkan oleh mahasiswa saat wawancara betul terbukti.” Tambahnya.

Setelah adanya asesmen lapangan ini, Ketua Program Studi PG-PAUD UMN Al Washliyah, Ibu Novita Friska, M,Psi berharap nantinya Prodi PG-PAUD UMN Al Washliyah akan memperoleh hasil akreditasi sesuai dengan yang diharapkan.

Asesmen Lapangan akreditasi ini merupakan bagian dari upaya UMN Al Washliyah dalam menjaga kualitas Prodi PG-PAUD. Dengan adanya pengawasan dan evaluasi dari pihak independen seperti LAMDIK, diharapkan PRODI PG-PAUD UMN Al Washliyah dapat terus meningkatkan mutu pendidikan dan berkontribusi dalam pengembangan pendidikan anak usia dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 Views