Pelepasan Mahasiswa PMM Angkatan 4 Outbound UMN Al Washliyah

Rektor Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, Dr. H. Firmansyah, M.Si, secara resmi melepas 15 mahasiswa UMN Al Washliyah yang akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 4. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Salim Siregar, Kampus Arsyad Thalib Lubis, UMN Al Washliyah (30/1/2024). Nantinya 15 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas ini akan menjalani perkuliahan selama 1 semester di perguruan tinggi tujuan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun perguruan tinggi yang akan dituju yaitu Universitas PGRI Semarang, Universitas Bosowa Makassar, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Slamet Riyadi, IKIP Budi Utomo, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Tribuwana Tungga Dewi dan Universitas Gadjah Mada.

Dalam kata sambutannya, Rektor UMN Al Washliyah berpesan agar seluruh mahasiswa dapat menjaga nama baik UMN Al Washliyah dimanapun mereka berada. Ia berharap agar mahasiwa mendapatkan wawasan yang luas dan dapat saling bertukar kebudayaan.

Koordinator MBKM UMN Al Washliyah, Dr. Alkausar Saragih, M.Pd.I menjelaskan bahwa mahasiswa pmm angkatan 4 outbound telah dibekali dengan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan program ini, terutama mengenai konversi sks.

“Tentunya bekal pertama yaitu informasi yang perlu mereka dapatkan terkait dengan konversi SKS. Apakah mereka mengambil Skema 1 atau Skema 2. Itu menjadi bekal yang penting sekali karena itu berkaitan dengan akademik. Selain itu, mereka juga harus menjaga diri dan menjaga Kesehatan karena tempatnya jauh, jauh dari orang tua. Pesan kami juga, apabila terjadi 3 dosa dalam hal ini pelecehan, perundungan dan intoleransi di PT Tujuan, tolong segera dilaporkan ke saya agar saya segera bisa mengambil langkah-langkah koordinasi dengan koordinator PT tujuan.” Jelasnya.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sendiri merupakan sebuah program mobilitas selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain yang ada di indonesia. Sekaligus bertujuan untuk memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

56 Views