Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Kemendikbudristek: “UMN Al Washliyah Harus Mampu Menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia”

Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah mengadakan kuliah umum dengan tema “Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi”. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Udin Sjamsuddin-Djalaluddin Lubis, Kampus Syeikh H. Muhammad Yunus, UMN Al Washliyah(16/5/2024). Ini sebagai salah satu upaya agar UMN Al Washliyah dapat meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) unggul dan menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Untuk itu, pada kuliah umum kali ini UMN Al Washliyah mengundang Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Dr. Lukman, S.T., M.Hum sebagai narasumber. Ia memaparkan mengenai kondisi perguruan tinggi saat ini. Dimana masih banyaknya perguruan tinggi di Indonesia yang belum terakreditasi. Sementara saat ini, perguruan tinggi bukan hanya harus berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di Indonesia tapi juga harus mampu bersaing di tingkat internasional.

Dr. Lukman, S.T., M.Hum menuturkan bahwa saat ini UMN Al Washliyah telah menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Sumatera Utara. Namun, UMN Al Washliyah perlu melakukan berbagai langkah bukan hanya untuk meraih akreditasi unggul tapi juga untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia. Diantaranya dengan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri dan meningkatkan kualitas dosen untuk senantiasa berinovasi.

“Saran saya tidak hanya mengejar unggul tapi mengejar perguruan tinggi kelas dunia. Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Al-Washliyah adalah menjalin silaturahmi (networking) antara universitas di luar negeri, bagaimana bisa berkolaborasi penelitian, bagaimana bisa pertukaran mahasiswa sehingga hasil karya-karyanya bisa diakui di internasional sehingga bisa berdampak kepada peningkatan perguruan tinggi kelas dunia.” Jelasnya.

Dalam kesempatan kali ini, Rektor UMN Al Washliyah, Dr. H. Firmansyah, M.Si turut memaparkan mengenai UMN Al Washliyah. Dimana sampai saat ini UMN Al Washliyah menjadi salah satu perguruan tinggi yang aktif mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan menjadi perguruan tinggi swasta penerima dana hibah Dikti terbanyak pada Anugerah LLDikti Wilayah I tahun 2024.

Wakil Rektor I UMN Al Washliyah, Dr. Anwar sadat, S.Ag., M.Hum menjelaskan bahwa untuk meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) unggul, saat ini UMN Al Washliyah telah membentuk tim khusus yang akan menyusun laporan kinerja perguruan tinggi. Dalam hal kolaborasi, UMN Al Washliyah telah banyak menjalin kolaborasi bukan hanya dengan perguruan tinggi tapi juga dengan instansi lainnya seperti dunia usaha dan dunia industri baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kerja sama ini juga telah diimplementasikan dalam berbagai kegiatan seperti penelitian bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, magang internasional, dll.

Dengan upaya yang telah dilakukan, diharapkan nantinya UMN Al Washliyah dapat meraih akreditasi unggul dan mampu menjadi salah satu perguruan tinggi berkelas dunia.

Kuliah umum ini turut dihadiri oleh sivitas akademika dari perguruan tinggi lain yang berada di bawah naungan Al Jam’iyatul Washliyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 Views