Pendidikan Fisika

Profil Progran Studi Pendidikan Fisika

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran terhadap mahasiswa strata 1 (S1). Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 0402/0/1983 tanggal 22 Januari 1981 tentang Pembentukan Program Studi Pendidikan Fisika pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang ditandatangani oleh Bambang Suhendro selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Visi Program Studi Pendidikan Fisika

“Menjadi program studi Pendidikan Fisika terbaik, humanis, mandiri dan inovatif yang menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompetitif dan berkarakter islami pada tahun 2045”

Misi Program Studi Pendidikan Fisika

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkualitas, kompetitif dan berkarakter islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi ilmiah bidang fisika dalam rangka mengembangkan teknologi dan pendidikan fisika di masyarakat berbasis kearifan lokal, bidang material dan cenderung berkarakter islami.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat bidang fisika yang luarannya digunakan untuk mengembangkan tekhnologi dan pendidikan fisika di masyarakat berbasis kearifan lokal, dan memanfaatkan keunikan desa menjadi suatu kelebihan dan berdaya guna.
  4. Menyelenggarakan kerjasama bidang fisika dengan lembaga, sekolah, maupun instansi yang menguntungkan lulusan

Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas, kompetitif, dan berkarakter islami.
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah bidang fisika dalam rangka mengembangkan teknologi dan pendidikan fisika di masyarakat berbasis kearifan lokal, bidang material dan cenderung berkarakter islami
  3. Menghasilkan luaran pengabdian bidang fisika dalam rangka mengembangkan tekhnologi dan pendidikan fisika di masyarakat berbasis kearifan lokal, dan memanfaatkan keunikan desa menjadi suatu kelebihan dan berdaya guna
  4. Menghasilkan kerjasama bidang fisika dengan lembaga, sekolah, maupun instansi yang menguntungkan lulusan.

Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika

  1. Pengembangan kualitas dan inovasi proses pembelajaran berbasis student centre learning (SCL) dengan metode Case study, research team dan  laboratorium. Pengembangan kurikulum prodi yang mengacu kepada KKNI dan mengadopsi program MBKM. Pengembangan program internalisasi nilai – nilai keislaman dan kearifan lokal pada proses pembelajaran
  2. Peningkatan produk penelitian yang berbasis kearifan lokal, bidang material dan cenderung berkarakter islami. Peningkatan jumlah luaran penelitian dalam jurnal terakreditasi, dan Internasional bereputasi, serta peningkatan buku yang ber ISBN maupun HKI.
  3. Peningkatan produk dan luaran PKM berbasis kearifan lokal, bidang material dalam jurnal terakreditasi, HKI maupun prouk PATEN.
  4. Peningkatan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan dunia industri baik nasional mapun internasional