Kemenristekdikti Bimbing Pembuatan Proposal Pengabdian Masyarakat di UMN Al-Washliyah

Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah terus saja melakukan terobosan dalam rangkaian mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggu, khususnya pada bidang Pengabdian Masyarakat.

Guna memantapkan wawasan dan kinerja perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UMN menyelenggarakan Bimbingan Pembuatan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di kampus UMN Jalan Garu II Medan, Selasa (13/2).

Pebimbingan ini dibuka Rektor UMN Al-Washliyah H Hardi Mulyono Surbakti SE MAP, diwakili WR IV Prof Hj Sri Sulistyawati SH M.Si PhD menghadirkan narasumber yang langsung didatangkan dari Kemenristek Dikti, Petrus Setyo Prabowo, yang juga Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Sanata Dharma dan Reviewer Hibah PPM DRPM Kemenristekdikti.

Acara juga dihadiri Direktur Pascasarjana UMN Prof Dr H Ahmad Laut Hasibuan M.Pd, Ketua LP2M UMN Nelvitia Purba SH, M.Hum, PhD, Kabiro Asset dan Humas Drs Samsul Bahri M.Si serta sejumlah utusan perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumut.

Menurut Prof Sri, UMN merasa terpanggil untuk melakukan berbagai kerjasama guna mewujudkan cita-cita menjadi perguruan tinggi berkualitas, unggul dan Islami, serta dikenal luas oleh masyarakat atas aktifitas positifnya dan keberadaannya yang sangat penting dan gemar membantu masyarakat.

Pembekalan soal pembuatan proposal pengabdian masyarakat ini tentu sangat diperlukan agar dosen dapat mencari tahu alas an mengapa harus dilakuka penelitian di atau tempat sesuai potensi daerahnya dan UMN Al Washliyah sendiri sesuai fakultas yang ada.

Acara ini, kata Prof Sri, merupakan rangkaian kegiatan International Symposium Cyber Crime : Viewed From Various Perfective of Science and Seminar Result of Research dan Community Services yang akan digelar 15 Februari 2018 ini di Grandhika Hotel Setia Budi Jalan Dr Mansur Medan,

Kaitannya tentu sangat jelas, karena symposium ini akan mengetengahkan soalan yang mutakhir saat ini tentang cybercrime, yang akan disampaikan nantinya pada setiap desa binaan UMN, agar lebih waspada terkait maraknya cybercrime ini.

Paling tidak, pada warga binaan, kita akan dapat memastikan mereka tidak lagi gaptek, kemudian dapat menaikkan taraf hidup masyarakat, berilmu dan pintar. “Jadi, semakin sering kita berbuat, maka grade UMN yang tadinya Madia, kelak akan menjadi utama.

Sementara itu, Ketua PP2M Nelvitia Purba mengatakan, tujuan pokok kegiatan itu adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal pengabdian masyarakat, sehingga proposal dosen lolos dan didanai Dikti.

Sementara itu juga, Reviewer Hibah PPM DRPM Kemenristek Dikti Petrus Setyo menjelaskan kiat menembus Proposal Hibah PPM DRPM untuk pendanaan tahun 2018, berikut permasalahan bagi dosen selama ini, serta peluang kedepan.

Pada prinsipnya, hibah ini berbasis kewilayahan, sinergi, multi disiplin dan bermitra. Prinsip hibah juga merupakan kegiatan terstruktur dengan target luaran yang jelas dan terukur, berkelanjutan, tuntas dan bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *