PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DARING

Jum’at pada 6 Desember 2022 telah berlangsung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Sumatera Utara. Kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen UMN AL-Washliyah dari berbagai program studi yaitu prodi PGAUD, Bahasa Inggris, Matematika, dan prodi Bahasa Indonesia tentunya berlangsung sesuai dengan tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Pengabdian masyarakat kali ini membahas tentang bagaimana PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI DALAM  PEMBELAJARAN DARING. Pemanfaatan media video dalam pembelajaran anak usia dini merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat dilakukan pada pembelajaran di PAUD dimasa pandemi covid – 19. Karena pembelajaran yang dilakukan bukan hanya sebatas meningkatkan kemampuan akademik namun juga sangat mengutamakan untuk meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak serta melatih kemandirian anak sejak dini. Aspek perkembangan anak usia dini menurut peraturan Menteri Pendidikan kebudayaan Republik Indonesia nomor 137 tahun 2013 adalah nilai agama dan moral, fisik – motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Keenam aspek ini harus berkembang secara optimal agar anak bisa melangkah ke perkembangan selanjutnya tanpa kekurangan sesuatu apapun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda, namun jika anak sedikit terlambat perkembangannya, orang tua tidak perlu khawatir, sebaiknya orang tua harus meningkatkan intesitas stimulasi yang diberikan kepada anak.

Menurut salah satu dosen Drs. Darajat Rangkuti, M.Pd media video sangat penting dalam kehidupan sehari – hari, karena dapat memberikan informasi yang lebih cangih dan cepat. Video lebih cepat ditangkap dan dipahami peserta didik. Selain itu juga para pengajar atau guru akan lebih mudah menyampaikan materi melalui media video, tentunya hal tersebut harus didukung oleh ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi terhadap materi yang ingin diajarkan. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam penggunaan media video dalam pembelajaran yaitu :

a) Guru harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan terlebih dahulu, kemudian baru memilih media video yang tepat untuk mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan

b) Guru juga harus mengetahui durasi video

c) Memberikan penjelasan global tentang isi video dan persiapan peralatan yang akan digunakan demi kelancaran pembelajaran

d) Media video pembelajaran yang digunakan harus mampu memotivasi siswa untuk mempelajari kegiatan apa yang harusnya ia lakukan dan pengetahuan yang terdapat didalamnya

e) Pemanfaatan media video pembelajaran harus dapat menunjang aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mencapai aspek perkembangan anak yang diinginkan.

Penggunaan media pembelajaran berupa video interaktif dapat menghubungkan perkembangan kognitif, emosional, dan psikomotorik siswa. Video dapat memberi guru lebih banyak fleksibilitas dan mempelajari prespektif dari siswa. Video dapat dijadikan media pembelajaran yang lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 Views
Bahasa