Resepsi Hari Ulang Tahun Al Washliyah Ke-90 Tahun

Rektor Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Dr KRT H Hardi Mulyono K Surbakti menyerahkan bantuan 100 paket sembako kepada kaum dhuafa di lingkungan sekitar kampus Jl Garu II Medan, Senin (30/11/2020).

Penyerahan 100 paket sembako ini bersamaan dengan penyerahan santunan kepada 40 anak yatim, dan beasiswa zakat profesi kepada 24 mahasiswa, dan santunan zakat profesi kepada 34 masyarakat kurang mampu di lingkungan kampus, dalam rangka peringatan Hari Jadi Al-jam’iatul Washliyah ke-90 yang jatuh pada 30 Nopember.

Rektor mengatakan usia 90 adalah usia yang sudah merasakan pahit getirnya pengalaman hidup manusia, demikian pula dengan Al Washliyah dan sudah banyak prestasi yang dilakukan kader-kader Al Washliyah di seluruh pelosok negeri, Sumatera Utara umumnya dan Kota Medan khususnya.

Lebih lanjut rektor mengisahkan Al Washliyah didirikan pada 3 Nopember 1930 di Medan di Masjid Gang Bengkok Kesawan, maktab Islamiyah Tapanuli oleh Syaikh Muhammad Yunus.

Muhammad Yunus seorang guru mengaji yang memiliki kepedulian sangat besar terhadap agama Islam. Sehingga tidak mengherankan jika organisasi ini banyak diisi oleh ulama-ulama dari Tapanuli Selatan bermarga Lubis dan Nasution.

Mereka mengembangkan dakwah, membangun lembaga pendidikan Islam dan kegiatan sosial.

“Sekarang ini kita melanjutkan perjuangan mereka, dan kita berkumpul untuk mengingat jasa mereka serta menebarkan kebaikan,” kata Hardi yang menambahkan sebagai wujud rasa syukur kita berbagi dengan masyarakat di lingkungan kampus agar mereka senantiasa ikut merawat dan menjaga UMN Al Washliyah. Di sisi lain, dengan adanya wabah Covid19 ini kita harapkan bantuan Sembako dan beasiswa ini dapat menjadi penyokong ekonomi masyarakat.

Sementara itu Ketua PW Al Washliyah, Dedi Iskandar yang hadir pada acara tersebut mengatakan Al Washliyah harus tetap hidup zaman berzaman.

Dia juga berharap agar seluruh Civitas Akademika UMN tetap mempertahankan loyalitas demi kemajuan UMN Al Washliyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *