PEMANFAATAN MOVIE MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK GURU GURU DI SD SWASTA BANI ADAM AS

Pada 1 Desember 2021 telah berlangsung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di PEMANFAATAN MOVIE MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK GURU GURU DI SD SWASTA BANI ADAM AS  Sumatera Utara. Kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen UMN AL-Washliyah dari berbagai program studi yaitu prodi PGAUD, Bahasa Inggris, Matematika, dan prodi Bahasa Indonesia tentunya berlangsung sesuai dengan tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Di saat ini banyak sekali proses pembelajaran dalam jaringan atau yang biasa disebut ‘daring’. misalnya seperti video conferenre atau video call melalui berbagai aplikasi seperti Zoom meeting,U meet me, Cisco Webec,google hangouts, google duo, atau whatsapp. 

Salah satu pemanfaatan aplikasi TIK yang akan saya bahas disini adalah melalui pembuatan Movie Maker, yaitu mengubah PPT menjadi video pembelajaran. dengan membuat rekam video seperti ini akan sangat mempermudah bagi para siswa untuk menyerap pembelajaran, rekam video ini bisa berupa tutorial ataupun penjelasan yang tentunya menarik dan mudah dipahami oleh para siswa, yang nantinya akan diunggah kedalam laman youtube atau dapat juga dibagikan melalui format video Mp4 yang kemudian dapat dibagikan melalui aplikasi obrolan whatsapp. sehingga mudah diakses oleh para siswa.

Menurut salah satu dosen Muhammad Noer Fadlan S.Pd,.M.Pd Windows movie maker adalah sebuah program editing yang sederhana dan di desain secara menarik dengan menggabungkan unsur-unsur seperti, video, gambar, musik, animasi dan teks yang dijadikan satu menjadi video.10 Windows movie maker ini bisa dilakukan untuk pengeditan video sederhana dan memainkannya melalui Windows Media Player. Selain itu, windows movie maker ini juga bisa dicopy ke CD maupun DVD.

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita ingin mendokumentasikan sebuah kenangan yang menurut kita indah dan perlu untuk di dokumentasikan. Dokumentasi tersbut dapat berupa foto, tulisan, maupun vidio (gambar bergerak ).

Berikut ini manfaat pengeditan windows movie maker:

  1. Tampilan video yang lebih menarik.
  • Mampu membuat video klip sebuah album.
  • Dapat menampilkan video dengan variasi musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 Views