Umn Al Washliyah Adakan Visiting Lecturer

Umn al washliyah mengadakan visiting lecturer pada tanggal 27 juni 2022 di kampus syekh muhammad yunus. Kegiatan kali ini mengundang narasumber dari university teknologi mara malaysia dengan tema digital literacy for students toward society 5.0 “understanding sociotechnopreneurship”. Visiting lecturer ini dihadiri oleh rektorat, dekanat, kaprodi dan mahasiswa umn al washliyah.

Dr. Siti hafsah binti zulkarnain, narasumber pada visiting lecturer kali ini pada awalnya menjelaskan mengenai literasi digital. Beliau mengatakan bahwa literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, membuat dan mengomunikasikan informasi yang membutuhkan keterampilan kognitif dan teknis. Beliau juga menjelaskan banyak sekali keuntungan yang didapat jika kita mampu melakukan literasi digital. Seperti menghemat waktu, menghemat uang, selalu terkoneksi dengan orang lain, membantu pekerjaan dan masih banyak lainnya.

Ada 4  pilar dalam literasi digital yaitu keterampilan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital. Di era society 5.0, sejumlah besar informasi terakumulasi di dunia maya. Data-data ini dianalisis oleh kecerdasan buatan atau ai, dan hasil analisisnya dikembalikan kepada manusia dalam berbagai bentuk.

Beliau menjelaskan, sebagai seorang pengusaha, sociopreneur bukan hanya memiliki kemampuan literasi digital yang baik tapi juga harus memiliki kemampuan pantang menyerah dan terus berusaha. Karena melalui ide-ide yang mereka terapkan, perubahan signifikan dapat terjadi di lingkungan dan masyarakat. Meskipun seorang pengusaha dapat mengagas ide bisnis sendiri atau bersama-sama dengan sesama pemilik bisnis, pengusaha juga tetap membutuhkan peran masyarakat untuk bersama-sama menghasilkan solusi.

Dr. Siti hafsah merasa sangat senang dapat menjadi narasumber di kegiatan visiting lecturer kali ini dan beliau berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan.

“Hari ini kita telah berjaya menjalankan program bersama dengan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah bersama dengan dosen dan juga mahasiswa. Program sehari kita berbicara tentang digitalisasi dan pendekatan yang telah dibawa oleh saya pada hari ini bersama dengan mahasiswa telah mendapat sambutan yang sangat baik dan saya berharap program seperti ini dapat kita jalankan lagi di masa yang akan datang.” Ungkap Dr. Siti.

Mahasiswa umn al washliyah juga merasa sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini karena banyak sekali ilmu baru yang bisa mereka peroleh. Selain itu kegiatan seperti ini juga sudah dirindukan oleh mahasiswa mengingat selama 2 tahun belakangan, kegiatan hanya dilakukan secara daring karena mewabahnya virus covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

146 Views