Pembekalan KKL Mahasiswa Pascasarjana UMN Al Washliyah

Pascasarjana umn al washliyah mengadakan kegiatan pembekalan kuliah kerja lapangan (kkl) internasional kepada mahasiswa pascasarjana. Kegiatan ini diadakan di ruang serbaguna gedung pascasarjana umn al washliyah, jumat (16/12/2022). Kkl internasional ini nantinya akan diikuti oleh 51 mahasiswa yang merupakan mahasiswa prodi pendidikan matematika, pendidikan bahasa indonesia dan pendidikan bahasa inggris.

Kkl internasional berlangsung dari tanggal 19-23 desember 2022. Mahasiswa pascasarjana umn al washliyah melaksanakan kkl di universitas sultan zainal abidin (unisza), terengganu, malaysia. Agenda utama yang akan dilakukan oleh mahasiswa yaitu mengikuti konferensi internasional, dimana nantinya ini akan menjadi salah satu syarat wajib bagi mahasiswa yang akan melaksanakan sidang meja hijau.

Selain konferensi, mahasiswa pascasarjana umn al washliyah juga akan melakukan pengabdian kepada masyarakat di malaysia dan mempresentasikan tesis mereka di depan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa umn al washliyah dapat berdiskusi, bertukar ide dan memperoleh masukan dari mahasiswa internasional.

Alhamdulillah kegiatan kita nanti cukup padat, ada kegiatan conference yang berlangsung 2 hari kemudian kegiatan kerja sosial dimana kerja sosial ini kalau di Indonesia semacam pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat asli di Malaysia yang memang mungkin secara struktur belum tersentuh. Jadi kita merencanakan di sana (Malaysia) akan mengadakan bakti sosial baik itu pengajaran juga menyiapkan isu-isu terkini tentang Negara kita.” Ujar Direktur Pascasarjana UMN Al Washliyah, Sutikno, M.Pd., Ph.D.

Pascasarjana umn al washliyah telah mempersiapkan kegiatan kkl ini dengan sangat baik, terbukti dengan telah dibekalinya mahasiswa dengan pelatihan komunikasi internasional, adat istiadat yang ada di malaysia serta masalah-masalah akademik yang nantinya dapat didiskusikan bersama.

Rektor umn al washliyah, dr. Krt hardi mulyono k surbakti berpesan kepada mahasiswa untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, aktif berpartisipasi dalam konferensi dan menjalin hubungan baik dengan mahasiswa lain yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Anak-anak S2 lusa akan berangkat ke Malaysia, Terengganu, untuk melaksanakan KKL mengikuti conference internasional disana. Saya berharap mereka bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik karena ini menjadi salah satu prasyarat mereka untuk menyelesaikan perkuliahan di strata 2 itu, di samping menambah wawasan mereka di dunia internasional. Oleh karenanya, jangan sia-siakan itu. Selama melaksanakan conference dan KKL tentu harus menjaga nama baik UMN Al Washliyah, menjaga nama baik bangsa Indonesia dan harus bersikap dengan baik.” Pesan Rektor UMN Al Washliyah.

Mahasiswa pascasarjana umn al washliyah sangat bersemangat untuk mengikuti kkl internasional ini. Mereka telah mempersiapkan diri untuk mempresentasikan proposal dan abstrak yang telah dibuat, kemudian sudah berdiskusi dengan dosen serta mengumpulkan referensi yang mendukung penelitian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

81 Views
Translate »