Rayakan Hut Ke-7, Prodi PGSD UMN Al Washliyah Gelar Kuliah Umum & Ajang Kreativitas Mahasiswa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah menggelar kuliah umum dan ajang kreativitas mahasiswa. Kegiatan ini diadakan selama 2 hari dalam rangka memperingati hari ulang tahun PGSD yang ke-7 (7-8/5/2024). Hari pertama kuliah umum dilaksanakan di Aula OK Usman, Kampus Abdurrahman Syihab, UMN Al Washliyah dan hari kedua  diadakan secara daring melalui zoom meeting.

Kuliah umum dan ajang kreativitas mahasiswa kali ini mengusung tema mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha di bidang pendidikan.

Wakil Rektor III UMN Al Washliyah, Dr. Samsul Bahri, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia menuturkan bahwa kuliah umum mengenai wirausaha di bidang pendidikan ini sangat penting. Dimana nantinya selain dapat menjadi guru diharapkan mahasiswa juga dapat menjadi pengelola pendidikan.

“Kami selaku pimpinan UMN Al Washliyah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia yang sudah menyelenggarakan kuliah umum dan ajang kreativitas mahasiswa ini. Kita berharap ini memiliki kontribusi terhadap peningkatan jumlah mahasiswa dan peningkatan kualitas khususnya di Prodi PGSD. Terkait kuliah umum, jadi unsur utama dari mahasiswa PGSD adalah unsur pendidik. Mereka (mahasiswa) dipersiapkan untuk menjadi guru yang profesional tapi tidak menuntut kemungkinan bahwa mereka juga harus memiliki kontribusi yang lain contohnya yaitu berwirausaha. Jadi kita sangat berharap bahwa munculnya orang-orang yang berhubungan dengan dunia Pendidikan tapi tidak menutup kemungkinan juga memiliki unsur kewirausahaan yang dapat menguntungkan untuk dirinya sendiri dan orang lain.” Jelas Wakil Rektor III.

Pada kegiatan kuliah umum, PGSD UMN Al Washliyah mengundang Bapak Khafi Puddin, SE., M.Si dari Universitas Negeri Medan sebagai narasumber. Ia menyampaikan tentang mengembangkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa PGSD dengan optimalisasi pemanfaatan teknologi dan kearifan lokal. Dijelaskan bahwa untuk memulai bisnis hanya butuh motivasi, mindset dan make it (lakukan). Jika ingin mulai berwirausaha, seseorang harus mampu berpikir kreatif dengan cara melihat dengan sudut pandang baru, menemukan hubungan baru dan membentuk kombinasi baru.

Di era digital saat ini, teknologi dapat dimanfaatkan dalam berwirausaha seperti adanya e-commerce, melakukan pemasaran produk melalui sosial media, membuat platform pembelajaran online, dll.

“Guru juga harus memiliki mindset wirausaha artinya mampu berpikir produktif. Setelah mindsetnya berubah maka segera lakukan apa yang bisa kita lakukan. Fokus dan kerja keras. Guru kan tidak harus juga berwirausaha di bidang Pendidikan tapi juga bisa di bidang-bidang lainnya. Tentu masing-masing orang memiliki kemampuan yang berbeda. Jika guru bisa buka usaha bimbingan belajar pada akhirnya bisa mendirikan sekolah.” Ujar Bapak Khafi Puddin, SE., M.Si.

Selain kuliah umum, PGSD UMN Al Washliyah juga menggelar ajang kreativitas mahasiswa. Dimana pada kegiatan ini, mahasiswa PGSD dapat menyalurkan potensi dan bakat yang dimiliki seperti menyanyi, menari dan lain lain.

Di momen ulang tahun PGSD yang ke-7, Ketua Program Studi PGSD UMN Al Washliyah, Sujarwo, M.Pd berharap agar silaturahmi diantara sivitas akademika Prodi PGSD dapat senantiasa terjalin. Selain itu, diharapkan visi keilmuan dan tujuan dari Prodi PGSD dapat diimplementasikan dalam proses tri dharma perguruan tinggi.

“Harapannya PGSD tetap solid, semakin kuat silaturahmi tentu untuk mengimplementasikan visi keilmuan dan tujuan PGSD. Nah, sehingga kegiatan ini juga mengusung dari visi keilmuan PGSD. Di ulang tahun PGSD yang ke-7 ini menggelar ajang kreativitas mahasiswa dengan mengemas kebudayaan daerah dengan berbagai bentuk kegiatan seperti pencak silat, tarian dan lain sebagainya. Mudah-mudahan dengan selalu solid, visi tersebut dapat tercapai terutama di tahun 2045 mendatang.” Ucap Ka. Prodi PGSD.

Tentunya kegiatan ini disambut baik oleh seluruh mahasiswa PGSD. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru terutama mengenai keterampilan berwirausaha. Selain itu, dengan adanya ajang kreativitas mahasiswa, mahasiswa memiliki wadah untuk dapat mengembangkan bakat yang dimiliki.

Di hari kedua, kuliah umum dilaksanakan secara daring. Dimana Prodi PGSD UMN Al Washliyah mengundang Dr. Rini Mastuti, MP dari Universitas Samudera, Langsa, Aceh sebagai narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

23 Views