Majelis Pendidikan PB Al Washliyah Laksanakan Finalisasi Dan Telah Buku Ajar KeAlwashliyahan & Kurikulum Diniyah Al Washliyah

Majelis Pendidikan Pengurus Besar (PB) Al Washliyah mengadakan finalisasi dan telaah buku ajar mata kuliah kealwashliyahan dan kurikulum diniyah al washliyah. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Udin Sjamsuddin-Djalaluddin Lubis, Kampus Syeikh H. Muhammad Yunus, UMN Al Washliyah (19/5/2024). Ini merupakan penyempurnaan dari buku ajar kealwashliyahan dan kurikulum diniyah yang sudah pernah ada.

Sebelumnya Majelis Pendidikan PB Al Washliyah telah membentuk tim penyusun buku ajar mata kuliah kealwashliyahan dan tim penyusun kurikulum diniyah al washliyah pada 2022 lalu. Dengan diadakannya finalisasi dan telaah ini maka buku ajar mata kuliah kealwashliyahan dan kurikulum diniyah dapat digunakan pada tahun ajaran baru mendatang.

Ketua Majelis Pendidikan PB Al Washliyah, Ridwan Tanjung, SH., M.Si menyampaikan bahwa setelah adanya kegiatan ini maka buku ajar mata kuliah kealwashliyahan dan kurikulum diniyah ini akan digunakan oleh seluruh perguruan tinggi dan sekolah yang berada di bawah naungan Al Jam’iyatul Washliyah.

“Tentang kurikulum atau buku yang berkaitan dengan kealwashliyahan ini adalah merupakan penyempurnaan dari buku-buku yang pernah ada. Sementara untuk kurikulum diniyah ini merupakan juga finalisasi dari beberapa tahap yang sudah kita lakukan. Harapan kita setelah ini semua buku dan kurikulum ini dapat digunakan di seluruh perguruan Al Washliyah secara merata.” Jelas Ketua Majelis Pendidikan PB Al Washliyah.

Sekretaris Jenderal PB Al Washliyah, Dr. Amran Arifin, MM., MBA sangat mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh majelis pendidikan. Ia menuturkan bahwa sebelumnya kegiatan seperti ini belum pernah ada yang terlembagakan. Sehingga dengan adanya finalisasi dan telaah buku ajar dan kurikulum kali ini, diharapkan kedepannya sistem pendidikan di Al Jam’iyatul Washliyah dapat berjalan lebih baik.

Selepas acara pembukaan, tim dibagi menjadi 4 kelompok untuk melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) guna membahas buku ajar mata kuliah kealwashliyah serta kurikulum diniyah untuk tingkat madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 Views