UMN Al Washliyah Berpartisipasi Di Pameran Bulan Merdeka Belajar 2024

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Utara berkolaborasi dengan berbagai Lembaga Pendidikan dan kebudayaan menyelenggarakan Pameran Bulan Merdeka Belajar pada tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2024, bertempat di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024.

Pameran ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem Pendidikan dan kebudayaan serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam melanjutkan Merdeka Belajar.

Pada kegiatan kali ini juga ditampilkan capaian kinerja program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya dari berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) peserta pameran. Hal ini bertujuan agar masyarakat, khususnya pengunjung pameran dapat mengenal dan mengetahui hasil yang telah dicapai dalam bidang Pendidikan dan kebudayaan. Program Merdeka Belajar bukan hanya slogan melainkan visi untuk menciptakan sistem Pendidikan yang memberikan kesempatan dalam kebebasan berfikir, berinovasi dan berkolaborasi.

Pasca pembukaan kegiatan, para tamu undangan berkesempatan untuk mengunjungi booth pameran. Booth Pameran Bulan Merdeka Belajar ini menampilkan berbagai hasil karya dan produk Pendidikan dari para siswa dan mahasiswa, satuan Pendidikan juga UPT yang berpartisipasi.

Salah satu booth yang ramai dikunjungi yaitu booth UMN Al Washliyah. Dimana ditampilkan produk-produk dan hasil karya mahasiswa UMN Al Washliyah. Sebagian besar produk ini merupakan karya yang telah berhasil didanai oleh Belmawa Diktiristek Kemdikbud pada Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Selain itu, pengunjung juga berbondong-bondong untuk mencari informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru UMN Al Washliyah Tahun Akademik 2024-2025. Seperti yang diketahui bahwa UMN Al Washliyah memberikan banyak sekali keringanan biaya kepada calon mahasiswa baru. Dengan biaya kuliah (UKT) yang terjangkau, calon mahasiswa dapat menikmati seluruh fasilitas yang ada di UMN Al Washliyah. Tak berhenti sampai disitu, UMN Al Washliyah juga telah memberikan gratis Uang pendaftaran, Uang Pembangunan, Uang SKS dan masih banyak lainnya. Hal-hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai UMN Al Washliyah.

Pameran Bulan Merdeka Belajar juga diisi dengan berbagai seminar dan perlombaan. Di hari pertama terlaksana seminar Pendidikan vokasi, lomba tradisional dan lomba cerita. Hari kedua diadakan seminar Pendidikan, lomba tradisional dan lomba menggambar spontan Tingkat Sekolah Dasar (SD). Hari ketiga sekaligus penutupan Pameran, dibagikan hadiah kepada seluruh pemenang lomba. Para pengunjung yang hadir dihibur dengan penampilan seni dan fashion show pakaian adat.

Pameran Bulan Merdeka Belajar merupakan wujud nyata dari semangat Merdeka Belajar yang digagas oleh pemerintah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 Views