Penandatanganan MoU antara UMN Al Washliyah dengan UNITA

Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah menjalin kerja sama dengan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA). Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua perguruan tinggi (26/6/2024).

MoU ditandatangani langsung oleh Rektor UMN Al Washliyah dan Rektor UNITA di Ruang Rapat Salim Siregar, Kampus Arsyad Thalib Lubis, UMN Al Washliyah. Kerja sama yang dijalin yaitu dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor UNITA, Dr. Meslin Silalahi, M.Pd menuturkan bahwa UNITA ingin banyak belajar kepada UMN Al Washliyah pada pengelolaan dan pengembangan penjaminan mutu pendidikan tinggi, bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan kerja sama ini dapat segera diimplementasikan dalam kegiatan-kegiatan bersama.

“Semuanya yang sudah kita muat di dalam MoU dan MoA, semoga bisa terlaksana dengan baik. Sesuai kesepakatan dengan pak Rektor tadi, ke depan langsung action melalui penelitian bersama. UNITA saya yakin bisa belajar banyak dari UMN Al Washliyah, baik dari sisi manajemen dan cara peningkatan kualitas universitas” ujarnya.

Rektor UMN Al Washliyah, Dr. Firmansyah, M.Si mengatakan bahwa kolaborasi sangat dibutuhkan untuk kemajuan perguruan tinggi. Untuk itu, UMN Al Washliyah berkomitmen untuk menjalin kolaborasi sebanyak-banyaknya dengan berbagai institusi dan lembaga. Ia berharap agar UMN Al Washliyah dan UNITA dapat bertukar informasi mengenai keunggulan perguruan tinggi masing-masing, sehingga nantinya keunggulan tersebut dapat diadopsi oleh kedua belah pihak.

“Dalam waktu dekat tentu akan ada kerja sama penelitian antara UMN Al Washliyah dengan UNITA. Kita kan sekarang di UMN Al Washliyah menyediakan dana untuk penelitian internal. Kita akan ajak nanti teman-teman dari UNITA untuk ikut bergabung dalam penelitian tersebut demikian juga untuk pengabdian masyarakat. Tentu UNITA punya kelebihan, UMN Al Washliyah pun punya kelebihan. Kelebihan ini bisa saling menutupi kekurangan di institusi masing-masing. Saya harap dengan berkolaborasi dapat mendapatkan manfaat yang sama-sama menguntungkan” jelasnya.

Tindak lanjut dari kerja sama ini yaitu ditandatanganinya Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas serta Lembaga yang ada di UMN Al Washliyah dan UNITA. Adapun penandatanganan MoA tersebut dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Pascasarjana, serta Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UMN Al Washliyah dan Lembaga Pengabdian dan Inovasi Masyarakat (LPIM) UMN Al Washliyah dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNITA.

Pada kesempatan kali ini juga, diadakan visiting lecture (kuliah tamu) sebagai salah satu bentuk implementasi dari kerja sama yang telah dijalin. Dr. Irpan Apandi Batubara, S.Pd., MS yang merupakan narasumber pada kegiatan ini memaparkan tentang “Menyajikan hasil penelitian berkualitas dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi”. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi.

Diharapkan nantinya implementasi dalam bentuk lain dapat segera direalisasikan guna meningkatkan mutu kedua perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Views