Back

LLDIKTI Wilayah I Gelar Rakor Kehumasan: Humas Harus Mampu Hadapi Krisis

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan 2024 selama 2 hari di Hotel Emerald Garden Medan (11-12/7/2024). Rakor Kehumasan diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari 100 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lingkungan LLDikti Wilayah I. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen LLDikti dalam memfasilitasi peningkatan pengelolaan kehumasan perguruan tinggi.

            Rakor Kehumasan dibuka secara resmi oleh Kepala LLDikti Wilayah I, Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, MA., Ph.D. Ia menuturkan bahwa rakor kehumasan ini penting untuk dilaksanakan agar humas perguruan tinggi dapat mengadaptasi sistem kehumasan dari sistem manual ke sistem digital. Diharapkan humas perguruan tinggi dapat memberitakan prestasi-prestasi serta kontribusi yang telah dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi kepada masyarakat, pemerintah dah Dunia usaha, sebagaimana tugas dari humas itu sendiri yaitu menjaga citra perguruan tinggi.

            Humas harus bergerak bersama dalam menghadapi berbagai tantangan. Humas diperlukan dalam diseminasi keterbukaan informasi publik perguruan tinggi. Peran humas sangat penting termasuk dalam menghadapi berbagai kondisi krisis.

“Krisis yang terjadi di kampus itu ada berbagai macam seperti plagiarisme, pelecehan seksual, ada kasus Doktor yang tidak prosedural. Maka saya sampaikan kepada teman-teman humas, anda hari ini menghadapi tantangan digitalisasi dan menghadapi krisis kasus di perguruan tinggi. Saya harap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nanti dapat membuat berita yang akurat dan promotif untuk kampus.” Ujar Kepala LLDikti Wilayah I.

            Pada Rakor Kehumasan 2024, LLDikti Wilayah I menghadirkan 4 orang narasumber dengan berbagai topik berbeda yang berguna untuk pengembangan humas perguruan tinggi. Narasumber pertama yaitu Kepala Humas, Protokoler dan Promosi Universitas Sumatera Utara (USU), Amalia Meutia, M.Psi yang menyampaikan materi mengenai Managemen Krisis Pemberitaan di Perguruan Tinggi.

Narasumber kedua yakni Deddy Pranata yang memaparkan mengenai Humas Kreatif. Narasumber berikutnya yaitu Kepala Humas Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Dr. Ribut Priadi, M.I.Kom yang menyampaikan tentang Kisah Sukses Humas PTS tentang teknis pengelolaan kegiatan kehumasan (terutama di Anugerah Humas Dikti).

Narasumber terakhir yaitu Kepala Humas Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, Nazriani Lubis, S.Pd., M.Hum yang memaparkan Kisah Sukses Humas PTS tentang Pembentukan Insan Humas PTS (terutama di Anugerah Humas Dikti) dan legitimasi struktur organisasi kehumasan di setiap PTS.

Diharapkan Rapat Koordinasi Kehumasan dapat diadakan rutin setiap tahun sebagai bentuk koordinasi dan kolaborasi dalam memajukan PTS di Lingkungan LLDikti Wilayah I.