Back

Peresmian Masjid Al Musannif UMN Al Washliyah

Ketua Umum Yayasan Haji Anif (YHA), Dr. H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum dan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al Jam’iyatul Washliyah, Dr. KH. Masyhuril Khamis, SH., MM meresmikan Masjid Al Musannif UMN Al Washliyah (13/9/2024). Ini merupakan masjid ke 47 yang dibangun oleh YHA dari program 99 masjid yang dicetuskan oleh almarhum Haji Anif. Masjid ini berada di Kampus Syeikh H. Muhammad Yunus, UMN Al Washliyah, Jl. Stadion/Gedung Arca Medan.

Dr. H. Musa Rajekshah, berharap agar masjid ini bukan hanya digunakan untuk beribadah namun juga dapat digunakan untuk kegiatan agama lainnya. Ia berpesan agar sivitas akademika UMN Al Washliyah terutama generasi muda dapat memakmurkan masjid ini sehingga mampu berkontribusi dalam pengembangan keagamaan.

“Kita berharap dari UMN Al Washliyah bisa bisa memakmurkan masjid ini. Tidak hanya untuk ibadah 5 waktu tapi juga kegiatan-kegiatan agama lainnya. Tidak hanya untuk mahasiswa UMN tapi juga untuk seluruh umat Islam yang melintas atau pun masyarakat yang bermukim disini,” ujarnya.

Ketua Umum PB Al Washliyah, Dr. KH. Masyhuril Khamis menjelaskan bahwa nantinya masjid ini juga akan digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa guna menumbuhkan rasa kepedulian terhadap dakwah islam.

“Masjid tidak sekadar bangunan untuk sholat berjamaah tapi masjid itu dibangun adalah dasarnya takwa. Disini adalah salah satu upaya kita menjadikan anak kita punya karakter dalam arti ber-akhlakul karimah. Ya tempatnya di masjid. Insya Allah mereka akan terbiasa berjamaah, berilaturahmi, berdiskusi, berdebat khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas keilmuannya,” jelasnya.

Masjid Al Musannif UMN Al Washliyah dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh sivitas akademika UMN Al Washliyah tapi juga masyarakat sekitar dan warga lainnya. Peresmian masjid ini turut dihadiri oleh Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, KPH. Japto Soerjosoemarno, Tokoh Sumatera Utara, Dr. H. Rahmat Shah, Ketua BPH UMN Al Washliyah, Dr. KRT. Hardi Mulyono K. Surbakti, Rektor UMN Al Washliyah, Dr. H. Firmansyah, M.Si, para alim ulama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.